Untung Rugi Berjualan Online di Shopee

Ayonguli.com - Shopee merupakan tempat jual beli online yang sangat populer di Indonesia baik dikalangan anak-anak maupun orang tua. Bagaimana tidak, iklannya setiap hari selalu nampang di layar televisi dengan Prilly Latuconsina sebagai bintangnya.
Untung Rugi Berjualan Online di Shopee

Sebagai pasar online, tak hanya berani iklan saja. Tapi shopee juga menunjukkan kualitas tinggi dalam membantu penjual maupun pembelinya. Sehingga, baik pembeli maupun penjual mendapatkan kepuasan tersendiri ketika menggunakan shopee.

Pengalaman berjualan di Shopee bisa menjadi sangat menyenangkan bila mendapatkan banyak pembeli. Namun, bagi pemula mungkin cukup sulit untuk berjualan di shopee harus tahu bagaimana cara berjualan di shopee untuk pemula.

Setiap aplikasi atau situs pelayanan, pastilah ada kelebihan maupun kekurangannya, begitu pula dengan shopee. Ada untung rugi berjualan online di shopee. Jika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai penjual di shopee, simak dulu ulasan berikut ini!

Kemudahan Berjualan di Shopee

Berjualan di shopee memang sangat mudah bahkan bisa dilakukan dimana saja. Apalagi setelah mendengarkan pengalaman berjualan di shopee dari banyak penjual, tentulah membuat kita ingin segera mengikuti jejak mereka.

Setelah mendaftar, selanjutnya kamu harus mulai mengupload foto dan mempromosikannya. Terdapat ribuan cara berjualan di shopee agar cepat laku. Bisa dengan menambah follower shopee, mempromosikan melalui sosial media atau dengan iklan fitur shopee.

Sebelum kamu mempraktikkan cara berjualan di shopee agar cepat laku, sebaiknya ketahui dulu semua fitur-fitur yang ada di shopee. Selain itu, juga memahami pembuatan fanspage sosial media dan lain sebagainya.

Setelah berhasil mendapatkan calon pembeli, maka cepat tanggap. Kamu harus segera membalas chat atau pesan masuk dari calon pembeli. Baik mereka akhirnya membeli atau tidak, tetaplah berbuat baik pada mereka.

Sedangkan jika ada pembeli, segeralah lakukan proses pengemasan dan pengiriman. Apabila kamu cepat tanggap maka, reputasi tokomu akan naik. Kalau sudah naik dan berada di kategori terbaik, maka akan banyak pengunjung shopee yang tertarik membeli produk di tokomu.

Begitulah cara berjualan di shopee agar cepat laku. Selanjutnya, kamu juga perlu tahu apa saja untung rugi berjualan online di shopee. Inilah ulasannya :

Keuntungan Berjualan Online di Shopee

Inilah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan bila berjualan online di Shopee :

Meningkatkan Bisnis

Hal pertama yang akan kamu lakukan saat berjualan online di shopee adalah dapat meningkatkan bisnis kamu. Bila biasanya berjualan secara offline, sekarang kamu bisa berjualan online. Jika kedua metode tersebut berjalan akan terjadi peningkatan omset penjualan. Jika penjualan meningkat, berarti bisnis yang kamu jalankan pun meningkat.

Lebih Hemat

Mengapa cara berjualan di shopee bagi pemula dikatakan lebih hemat? Itu karena tidak memerlukan tempat berjualan, pembayaran karyawan, stok barang dan lain sebagainya. Sehingga, modal pun tidak perlu banyak.

Tak hanya tanpa stok, bahkan kamu pun tak perlu khawatir tentang pengiriman. Sistem dropshiper sudah mencakup semuanya, yang harus kamu lakukan adalah mempromosikan produk dari produsen atau suplier besar.

Kemudahan Dalam Upload Gambar

Shopee memang dibekali dengan teknologi canggih dan fitur-fitur yang lengkap. Salah satunya soal penginputan gambar. Kamu bisa mengupload maksimal 9 gambar atau foto untuk setiap produk dan foto-foto tersebut bisa diupload bersamaan. 

Tampilan Transaksi Penjualan yang Ramah

Untuk mempermudah pengecekan terhadap barang, shopee memberikan fitur transaksi bagi penjual yang mudah dipelajari. Dalam fitur tersebut sudah tercantum seluruh transaksi dari mulai saat memproses produk hingga barang diterima oleh pembeli. 

Memiliki Fitur Barang Diblokir

Adanya fitur Barang Diblokir membuat kamu tahu bahwa ada masalah pada produk yang kamu jual itu. Sehingga, kamu bisa mengoreksinya dan mencari tahu apa kesalahan tersebut. Setelah itu, memperbaiki atau menggantinya dengan produk yang baru.

Adanya Fitur Varian

Keberadaan fitur varian, tentu mempermudah penjual yang mempunyai produk dengan ragam pilihan motif, warna dan ukuran.

Tersedia Sebagai Aplikasi yang Bisa Diunduh di Smartphone

Kegiatan berjualan menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi shopee pada ponsel android maupun iOs. Sehingga, proses transaksi penjualan dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus membuka browser terlebih dahulu.

Ongkos Kirim Gratis

Lebihnya lagi, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai penjual yang memberikan gratis ongkir bagi pembelinya. Cara daftarnya mudah, cukup klik daftar gratis ongkir dan ikutilah langkah-langkahnya. Dengan begitu, barang atau produk yang kamu jual gratis ongkos kirim, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Bisa Berjualan Produk Elektrik

Selain bisa menjual produk fisik, kamu pun bisa berjualan produk non fisik. Misalnya, pulsa, kuota, token listrik dan lain sebagainya. Fitur ini tidak dimiliki oleh marketplace lainnya. Itu salah satu kelebihan berjualan online di shopee dibandingkan market place lain.

Kerugian Berjualan Online di Shopee

Selain mempunyai banyak kelebihan, berjualan online di shopee juga memiliki beberapa kerugian. Menurut pengalaman berjualan di shopee sebagian penjual mengalami beberapa masalah seperti di bawah ini!

Promo Gratis Ongkir yang Bersyarat

Kerugian pertama adalah promo gratis ongkir dari shopee mempunyai beberapa syarat dan ketentuan. Seperti minimum pembelian dan tidak sepenuhnya biaya ditanggung. Misalnya seperti minimum pembelian 70 ribu, gratis ongkir 20 ribu.

Itu berarti pembeli harus belanja minimum 70 ribu dulu untuk mendapatkan gratis ongkir sebesar 20 ribu. Dan jika biaya ongkir lebih dari 20 ribu berarti sisanya harus ditanggung oleh pembeli.

Tampilan Deskripsi Kurang Menarik

Tampilan deskripsi produk shopee kelihatannya kurang menarik perhatian calon pembeli. Tampilannya biasa saja dan mungkin membuat pembeli jenuh membaca deskrips karena tampilannya yang kurang enak dipandang.

Pencairan Dana Relatif Lama

Menurut penjual yang sudah pengalaman berjualan di shopee, pencairan dana ke rekening relatif lama setelah transaksi sukses. Seharusnya dana bisa langsung cair ke rekening penjual setelah konfirmasi transaksi selesai dari pembeli.

Kadang-kadang sulit diakses

Pada jam-jam tertentu, shopee baik website maupun aplikasinya sulit diakses atau lamban. Sehingga, bisa menghambat transaksi.

Sering Gagal Dalam Upload Gambar

Memang bisa upload gambar sekaligus, tapi kalau dilakukan proses upload gambar bisa gagal. Ini akan memerlukan waktu lama untuk berjualan produk baru.

Input Resi yang Sering Gagal

Kelemahan shopee berikutnya adalah sering gagal dalam menginput nomer resi. Padahal penginputan nomer resi sangat penting dan biasanya dinanti-nantikan pembeli. Jika ini terjadi yang disalahkan adalah penjual.

Banyak Penjual yang Banting Harga

Satu lagi dilema yang dihadapi oleh penjual shopee adalah banyak penjual besar yang banting harga. Sehingga, pemula sulit mendapatkan pembeli jika harganya lebih tinggi. Oleh karena itu, sangat disarankan pemula harus mempunyai foto yang berbeda dan harus lebih menarik dibandingkan penjual yang sudah lama.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang untung rugi berjualan online di shopee. Tak hanya shopee, sebenarnya hampir semua marketplace pun mempunyai kelebihan maupun kekurangan, ada untung dan ada pula ugi yang ditawarkan kepada para penjualnya. Apabila kamu sudah siap bersaing di situs jual beli online, maka persiapkan trik atau cara berjualan di shopee agar cepat laku
0 Komentar untuk "Untung Rugi Berjualan Online di Shopee"

Back To Top