Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kegagalan Dalam Berbisnis

Berbisnis memang tidak mudah, butuh waktu bertahun-tahun untk membentuknya menjadi besar. Berbisnis juga kadang berhasil kadang kurang berhasil. Berbisnis memang diidentikan dengan berbagai resiko yang dihadapi, tetapi bila kita bisa meminimalisir bahkan menghilangkan resiko maka berbisnis akan mudah.

Ada suatu riset yang menunjukan bahwa 40% bisnis langsung gulung tikar pada tahun pertamanya, 80% bisnis akan lenyap pada lima tahun dan 20% bisnis akan sisanya akan berhasil mengatasi krisis dalam bisnisnya, lebih dari 80% akan bangkrut pada tahun kesepuluh.

Dengan kata lain kurang dari 10% bisnis akan memetik manisnya kesuksesan dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun kemudian. Dibalik suatu bisnis yang bertumbuh pasti ada faktornya, dalam berbisnis yang gagal juga ada beberapa faktor. Kita akan fokus pada penyebab kenapa berbisnis bisa gagal.

Inilah Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis

Ada banyak faktor yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis antara lain sebagai berikut :

Modal nekat


Banyak orang yang menyarankan kalau anda mau berbisnis yang penting modal nekat aja, kalo pinjam uang yang banyak sekalian biar kamu lebih serius dalam berbisnis dan bila kamu sudah memulainya maka ilmu akan datang dengan sendirinya karena sudah masuk ke bisnis. Pendapat itu tidak salah, memang benar bahwa kalau kita mau berbisnis yang pertama kali adalah buka bisnis lebih dahulu ilmu baru akan anda dapatkan.

Bila anda mau terjun ke dunia bisnis tapi anda tidak punya bekal menyongsongnya itu ibarat anda mau bermain sepakbola tetapi anda tidak memakai sepatu bola sehingga kaki anda menjadi bulan-bulanan pemain lawan berdampak pada kaki anda yang cedera parah. Dunia bisnis dikenal kejam oleh para pelakunya dikarenakan mereka pasti mengalami pasang surut dalam perjalanannya seperti kadang rugi kadang untung.

Berbisnis modal nekat ini membahayakan anda. Sebab, anda bisa rugi terlebih dahulu karena anda tidak tahu permainannya tetapi anda nekat masuk ibaratnya anda tidak tahu kalo anda bermain bola ya harus pake kaki ternyata anda bermain bola dengan tangkasnya tapi anda.

Menggunakan tangan anda yang berdampak pada anda dikeluarkan karena aturannya adalah dengan menggunakan kaki. Jadi sebelum anda masuk ke bisnis tertentu anda harus belajar dulu kepada ahlinya atau bekerja kepada ahlinya agar anda tahu permainannya sehingga resiko kegagalan bisa diminimalisir secara baik.

Tidak ada Inovasi dalam berbisnis


Dunia bergerak secara cepat, era sekarang adalah era internet. Bila anda tidak segera berubah maka anda akan tertinggal zaman dan hanyut di sungai kemunduran. Bisnis anda akan gagal bila anda tidak menerapkan inovasi dalam bisnis anda, perusahaan yang berhasil dan sukses besar selalu melakukan inovasi pada produknya, strategi pemasarannya, strategi salesnya sehingga perusahaan ini terus bertumbuh dan maju.

Kita lihat Microsof, perusahaan ini selalu berinovasi dan bertumbuh dari awal produknya windows 98, windows 2000, windows NT, windows vista sampai sekarang windows 2018. Perusahaan ini selalu menyempurnakan produknya dengan senantiasa meningkatkan manfaat dan mengurangi kelemahannya, sehingga perusahaan ini terus bertumbuh dan maju. Jadi faktor kegagalan dalam berbisnis ke dua adalah tidak mau inovasi.

Pengembangan SDM yang buruk


Ini yang menyebabkan perusahaan anda bisa terancam bangkrut. Anda harus memilih orang terbaik pada perusahaan anda agar perusahaan anda baik dan terus maju. Pilih yang menguasai bidangnya dan punya integritas yang baik.

Pengelolaan uang yang buruk


Ada yang mengatakan bahwa profit is king tetapi itu salah besar, yang benar casflow is king. Pengelolaan keuangan harus bagus dikarenakan bila perusahaan anda untung besar tetapi pengeluaran anda juga sama besarnya maka anda merugi. Jadi belajarlah pengelolaan uang, anda bisa menyewa akuntan dan anda harus paham arus casflow juga.
0 Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kegagalan Dalam Berbisnis"

Back To Top