Cara Lengkap Gabung Jadi Penjual di Shopee

Shopee merupakan salah satu situs jual beli atau pasar online Indonesia yang populer, terpercaya dan terbukti meningkatkan penghasilan UMKM Indonesia. Melalui shopee, siapapun bisa berjualan. Tapi, harus tahu dulu cara berjualan di shopee untuk pemula.

Bagi kamu pemula mungkin bingung cara daftar shopee sebagai penjual itu bagaimana. Lalu, bagaimana cara mengupload produk, mendapatkan banyak pembeli dan lain sebagainya. Jika ingin berjualan laris di shopee, kamu perlu teknik copywriting yang bagus.

Selain itu, kamu pun harus belajar tentang beberapa fitur yang disediakan oleh shopee bagi penjualnya. Setelah menggabungkan kedua langkah tersebut, maka bukan tidak mungkin kamu mendapatkan kesuksesan dengan menjadi penjual di shopee.

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Langkah berjualan bagi pemula adalah mendaftar dulu sebagai penjual shopee. Baru kemudian, bisa upload produk dan berjualan. Ini cara daftar shopee sebagai penjual :
Cara Register di Shopee
  1. Buka browser atau aplikasi Shopee.co.id
  2. Pilih Daftar
  3. Lakukan Registrasi yang dapat melalui facebook atau email ataupun menggunakan nomer hp. Masukkan data-data seperti di bawah ini :
  4. Isi nomor HP, lalu klik verifikasi dan kamu akan terima SMS
  5. Kemudian, masukkan kode Verifikasi yang kamu terima dari SMS pihak Shopee
  6. Isi Username
  7. Isi password dan konfirmasi password. Pastikan password unik dan tidak mudah dibajak oleh orang lain.
  8. Isi kode Caphtca
  9. Setelah sukses mendaftar, pilih menu Jual yang ada di ujung kiri. Atau bisa mengunjungi website seller.shopee.co.id
  10. Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual
  11. Setelah masuk ke seleer Shopee, kamu akan melihat menu pengaturan toko
  12. Pilih Pengaturan Toko dan isi formnya seperti :
  13. Nama Toko
  14. Deskripsi Gambar
  15. Deskripsi
  16. Logo atau Foto Toko
  17. Banner Toko
  18. Setelah mengisi itu semua, klik Simpan.
  19. Lalu, klik Jasa Kirimku. Pilih kurir atau layanan ekspedisi yang menjangkau wilayah kamu :  - -GoSend Same Day
    -Go Send Instant
    -J&T Express
    -JNE Reguler
    -JNE Oke
    -POS Kilat Khusus
    -Ninja Express, dll
  20. Terus isi rekening bank kamu. Tambahkan rekening yang kamu miliki sebagai metode penerimaan uang hasil jualan kamu atau sebagai metode transaksi jual beli kamu di Shopee. 
Toko sudah jadi. Selanjutnya kamu bisa mempelajari cara menambahkan produk di Shopee. Nikmati pula jualan dengan fitur gratis ongkir yang disediakan oleh Shopee.

Cara Menambahkan Produk di Shopee

Setelah melakukan cara daftar shopee sebagai penjual, selanjutnya kamu harus mulai mengupload produk-produk yang akan kamu jual. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke website atau aplikasi Shopee dan login
  2. Klik menu Jual atau masuk ke halaman seller.shopee.co.id
  3. Klik menu Produkku dan Tambah Produk Baru
  4. Tentukan gambar atau tarik gambar ke halaman itu. Maksimal hanya 9 gambar untuk setiap produknya.
  5. Lalu, kamu akan diarahkan ke halaman baru dan diminta untuk mengisi informasi tentang produk.
  6. Gambar Produk. Tetapkan gambar utama dan pastikan itu yang terbaik. Kalau gambar utama terletak di urutan kedua, maka geser ke urutan pertama.
  7. Nama Produk. Masukkan nama produk yang kamu jual, lebih spesifik akan lebih bagus. Contohnya, Sepatu Sneaker Nike Warna Merah Size Besar. Usahakan karakter pengisian nama habis karena itu akan lebih bagus, maksimal 100 huruf.
  8. Deskripsi Produk. Isi penjelasan produk yang lengkap seperti kegunaan, ukuran, merek, berat, keunggulan dan perawatan bila ada. Tambahkan hastag (#) pada awal kata kunci produk kamu. Misal #jualsepatusneakers #sepatusneakers dan lain sebagainya. Hastag berjumlah 20 kata kunci
  9. Harga. Isi harga produk kamu tanpa menggunakan titik atau koma.
  10. Stok. Berisi jumlah stok yang tersedia.
  11. Kategori. Isinya adalah golongan produk kamu dalam pencarian. Pilih yang paling sesuai, pada ketegori fashion, biasanya ada opsi tambahan seperti bahan, asal dan merek.
  12. Berat. Isikan berat produk plus berat pembungkus. Misalnya berat produk kamu 700 g, tambahkan 100 g untuk pembungkus. Apabila produknya besar, bisa menggunakan rumus volume (panjang x lebara x tinggi). Apabila total beratnya 1,3 kg maka akan dibulatkan menjadi 2 kg karena memang sudah ketentuan semua ekspedisi di Indonesia.
  13. Pre Order. Boleh diisi atau tidak karena hanya untuk produk yang memerlukan waktu pengerjaan sebelum dikirim.
  14. Kondisi. Kamu bisa pilih baru atau bekas.
  15. SKU Produk. SKU (Stoks Keeping Unit) yang merupakan nomor pada setiap barang yang kamu jual. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam memantau stok barang. (boleh tidak diisi)
  16. Apabila semua data sudah diisi, pastikan semuanya sesuai dengan keinginan kamu. Lalu, klik Simpan.
Itulah cara menambahkan produk di Shopee. Tentu tidak sulitkan cara mengupload produk di shopee, praktikkan saja dan ikuti petunjuk di atas. 

Trik dan Cara Menjual Barang di Shopee Agar Laku

Kamu memerlukan beberapa tips dan trik agar barang daganganmu cepat laku. Buatlah pengunjung tokomu langsung jatuh cinta dan ingin membeli produkmu sejak pertama kali melihatnya. Berikut merupakan cara menjual barang di shopee agar laku :

Pastikan foto produk menarik


Seperti yang telah diulas diatas, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah gambar atau foto produk. Meskipun banyak produk yang sama, jangan asal comot gambar orang. Kalau bisa buat foto sendiri dengan detail yang jelas dan enak dipandang. Pastikan pencahayaannya bagus.

Ambil foto produk dari depan, samping dan belakang, bila ada bagian dalamnya juga difoto. Sehingga, calon pembeli bisa jelas dalam melihat produk dan tahu tentang detailnya. Jangan lupa, jika ada varian foto semua varian tersebut. Maksimal 9 foto untuk setiap produk yang kamu jual.

Analisa produk yang sedang trend


Sebelum upload produk, kamu juga perlu menganalisa produk yang sedang trend. Caranya gampang bisa buka website atau aplikasi shopee, lalu cek Pencarian Populer dan kamu akan menemukan beberapa produk yang sedang banyak dicari pengunjung shopee.

Apabila kamu tidak mempunyai produk seperti yang ada di pencarian populer, maka bisa menjadi dropshiper. Jadi, kamu tidak perlu stok produk. Pilih produsen yang menjual produknya dengan harga yang murah.

Ada banyak produsen yang melayani dropship, kamu bisa mencarinya dari instagram, facebook dan lainnya. Kamu juga harus memastikan bahwa produk tersebut benar-benar berkualitas tinggi. Sehingga, kamu tidak mendapatkan komplain di kemudian hari. Sebab komplain dari pembeli bisa memperburuk reputasi toko kamu di shopee.

Miliki banyak follower


Kamu juga perlu meraih banyak pengikut atau follower konsumen di shopee. Dengan memiliki banyak pengikut maka, kamu bisa memaksimalkan promosi kamu. Selain dengan memiliki banyak follower, peningkatan omset penjualan juga dapat dilakukan dengan membagikan ke fanspage facebook, instagram atau website kamu.

Tautkan dengan akun shopee kamu, sehingga setiap kali kamu mengupload produk baru, secara otomatis akan langsung dibagikan ke media sosial tertaut tadi. Luangkan waktu sejenak untuk membuat fanspage facebook, instagram, twitter dan website. Ada cara menjual barang di shopee agar cepat laku lainnya yakni dengan menggunakan jasa iklan.

Demikianlah cara lengkap gabung jadi penjual di shopee dan cara berjualan agar cepat laku
0 Komentar untuk "Cara Lengkap Gabung Jadi Penjual di Shopee"

Back To Top