Syarat Mengajukan Pinjaman Untuk Modal Usaha

Mengembangankan sebuah usaha pastinya membutuhkan modal yang cukup agar bisa berjalan sesuai rencana yang sudah dibuat. Tetapi terkadang pasokan modal tidak melulu bisa terpenuhi, kadang juga terjadi krisis dan menyebabkan berhenti di tengah jalan.

Tetapi beruntung, dizaman sekarang sudah banyak tempat yang menyediakan pinjaman yang pastinya akan sangat membantu para pengusaha kelas menengah kebawah yang membutuhkan modal secepatnya.

Mungkin salah satu dari pengusaha tersebut yaitu anda dan kemungkinan anda sekarang membutuhkan modal cepat dan meminjam modal itulah solusinya. Nah, pada kali ini anda akan mengetahui apa saja syarat untuk mengajukan pinjaman untuk modal usaha itu.


Syarat Mengajukan Pinjaman Untuk Modal Usaha

Syarat Mengajukan Pinjaman Untuk Modal Usaha


Setiap perbankan atau tempat yang menyediakan pinjaman biasanya mempunyai syarat yang berbeda-beda. Tetapi banyak juga persamaan syarat yang harus dipenuhi oleh para pengaju pinjaman.
Apa sajakah itu syaratnya? Berikut ini akan disebutkan apa saja syarat-syarat mengajukan pinjaman untuk modal usaha.

  • Identitas diri sebagai syarat utama mengajukan pinjaman

Syarat yang satu inilah yang pasti akan dimasukkan kedalam syarat-syarat mengajukan pinjaman. Karena dengan bukti identitas diri inilah tempat penyedia pinjaman bisa mengetahui dan memverifikasi calon peminjamnya.

Identitas diri yang dibutuhkan biasanya KTP atau kartu tanda penduduk dan KK atau kartu keluarga yang pastinya masih aktif masa berlakunya. Identitas lain yang dibutuhkan biasanya yaitu SIM atau surat izin mengemudi dan identitas lainnya yang mendukung.

Jangan sampai melupakan identitas diri, karena apabila anda lupa dan tidak membawanya atau tidak menyertakannya bisa dipastikan anda tidak akan pernah bisa mengajukan pinjaman untuk modal usahamu.

  • Akta Nikah

Saat mengisi formulir nantinya akan dicantumkan bagaimana kondisimu sekarang apakah masih lajang, menikah, ataupun yang lainnya. Nah, bagi yang sudah menikah nantinya akan ada tambahan syarat khusus yaitu menyertakan akta nikah.

  • Buku tabungan yang masih aktif

Biasanya para penyedia pinjaman akan melibatkan buku tabungan dalam syaratnya. Ini dibutuhkan untuk verifikasi dan untuk melihat bagaimana kondisi keuanganmu akhir-akhir ini, sekaligus bisa menjadi bahan pertimbangan pihak penyedia pinjaman dalam menyetujui ataupun menolak pengajuanmu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kontrol pemasukan dan pengeluaranmu agar meyakinkan pihak bank untuk mengabulkan permohonan pinjaman modal untuk usahamu.

  • Bukti cicilan

Saat anda melakukan pengajuan pinjaman untuk modal usaha, nantinya anda akan ditanyakan apakah anda mempunyai tanggungan atau cicilan yang masih aktif atau tidak. Apabila masih aktif alias masih mempunyai tanggungan nantinya anda akan diminta memberikan bukti cicilan yang anda punyai.

Apabila anda menginginkan peluang pengajuan pinjaman modalmu untuk dikabulkan lebih besar, anda harus melakukan pembayaran cicilan tepat waktu dan jangan sampai melakukan penunggakan karena akan membuat pihak pemberi pinjaman menjadi ragu dengan anda.

  • Bukti pemilik usaha yang sah

Bagi anda yang ingin melakukan pinjaman modal untuk usaha, anda akan memperoleh syarat tambahan yaitu melampirkan bukti pemilik usaha yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan.

Bukti ini akan memperkuat pengajuan pinjamanmu sekaligus meyakinkan pihak penyedia pinjaman agar bisa memberikan pinjaman kepadamu. Terlebih lagi apabila usaha yang anda kembangkan sudah mempunyai brand atau citra dimata masyarakat.

  • Slip gaji

Syarat yang satu ini dibutuhkan bagi anda yang mempuyai pekerjaan utama atau pekerjaan lain yang memperoleh gaji. Seperti bekerja pada perusahaan atau pemerintahan.

Slip gaji ini dibutuhkan agar pihak penyedia pinjaman bisa mengetahui pendapatan yang anda dapatkan dalam kurun waktu tertentu sehingga bisa memudahkan pihak penyedia pinjaman dalam mencocokkan pendapatan dengan pengajuan pinjaman yang anda buat.

Selain itu, slip gaji bisa membantu anda dalam mempermudah pengajuanmu diterima oleh pihak bank terutama bagi yang mempunyai gaji yang lebih besar dibandingkan jumlah pinjaman yang anda ajukan.


Syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman pastinya dibutuhkan dalam hal administrasi, apabila salah satu dari syarat tidak dipenuhi biasanya pihak penyedia pinjaman akan langsung menolak pengajuanmu, apalagi yang berani memalsukan pastinya akan langsung terblack-list dari daftar peminjam.

Itulah apa saja syarat yang dibutuhkan dalam mengajuan pinjaman untuk modal usaha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan membantu anda dalam melakukan proses pengajuan pinjamanmu.
Tag : Perbankan
0 Komentar untuk "Syarat Mengajukan Pinjaman Untuk Modal Usaha"

Back To Top