Resiko Pinjam Dana Secara Online di Internet

Ayonguli.com - Pinjam dana online memang sangat menggiurkan, tapi pasti ada untung maupun ruginya. Memahami resiko pinjam dana secara online di internet sangat perlu dilakukan. Kamu harus mengetahui apa saja kemungkinan terburuk jika anda meminjam dana online.

Pada dasarnya meminjam dana secara online maupun offline adalah sama. Karena sama-sama harus dikembalikan  dan terdapat bunga. Selain itu, terkadang ada biaya administrasi yang memotong uang pinjaman tersebut. Jadi, anda tidak mendapatkan dengan jumlah yang utuh.

Resiko Pinjam Dana Secara Online di Internet

Kamu harus berhati-hati kalau ingin pinjam uang online. Jangan sampai sembarangan dalam memberikan data, tapi tingkat keamanan website tidak ada. Bagi yang ingin meminjam uang secara online sebaiknya ketahui untung ruginya atau resikonya.

Keuntungan Pinjam Dana Secara Online di Internet


Sebelum membahas tentang resiko pinjam dana secara online di internet, ketahui dulu keuntungannya. Berikut keuntungan yang akan didapatkan oleh nasabah :

Lebuh mudah dan cepat


Karena semuanya berbasis internet, tentulah proses pinjaman bisa dilakukan dengan cepat. Maksimal dalam 3 hari, kamu bisa mendapatkan uang yang ditransfer langsung ke rekening kamu. Aplikasi pinjaman sudah tersedia pada website, kamu hanya mengikuti langkah-langkahnya saja.

Banyak pilihan


Beragam pilihan lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman dana online mulai dari kredit non bank, KTA hingga P2P landing. Pilih mana yang sesuai kebutuhan kamu dengan membandingkan dulu dan cari yang terbaik dengan bunga ringan dan syarat mudah dipenuhi.

Lebih hemat


Terlepas dari resiko pinjam dana secara online di internet, sistem pinjaman online lebih hemat. Karena tidak perlu keluar uang transport utnuk mencari lembaga keuangan yang meminjamkan uang. Cukup hp atau laptop yang terhubung dengan internet, kamu bisa mendapatkan uang secara instan. Untuk jariang internet, kamu bisa memanfaatkan Wifi gratis. Tapi itu tidak aman.

Syarat tidak ribet


Satu lagi alasan mengapa pinjam online sangat menggiurkan adalah karena persyaratannya tidak ribet. Tidak perlu banyak dokumen yang dilengkapi, kalaupun ada hanya difoto atau discan lalu diupload ke website pengajuan. Tak perlu capek, ribet dan bolak-balik ke rumah.

Resiko Pinjam Dana Secara Online di Internet


Dibalik keuntuangan yang menggiurkan, ada pula resiko pinjam dana secara online di internet yang cukup merugikan. Berikut ulasannya :

Bunga sangat tinggi


Jika bank yang meminjamkan, maka suku bunganya harus mengikuti aturan dari Bunga Bank Indonesia (SDBK). Tapi, jika lembaga keuangan lainnya, bunga yang diberikan bisa seenaknya sendiri karena memakai aturan mereka sendiri. Maka, kamu harus bijak dalam memilih bunga.

Berpotensi data dicuri


Kalau kamu keliru membuka website yang tidak aman atau tidak resmi, maka memungkinkan data pribadi kamu dicuri oleh pihak ketiga. Tak hanya oleh pencuri individual, tetapi bisa dicuri oleh instansi yang tidak bertanggung jawab dan data kamu bisa digunakan untuk hal-hal yang buruk.

Jadi, pastikan situs aplikasi pinjaman kamu aman dan resmi. Pastikan bagian depan alamat websitenya menggunakan https.

Menjadi Lebih teliti dalam mengecek kredibilitas penyedia pinjaman


Resiko pinjam dana secara online di internet selanjutnya adalah kamu harus lebih teliti dalam mengecek kredibilitas penyedia pinjaman tersebut. Sudah wajib jika penyedia pinjaman terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Berbeda saat kamu pinjam di bank, sudah pasti terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga, kamu tidak perlu ribet mengecek kondisinya.

Apapun alasan pinjam dana online, kamu harus mempertimbangkan tentang untung dan resiko yang akan terjadi. Kamu tidak boleh hanya memikirkan tentang kebutuhan dana sekarang saja, tapi berpikirlah panjang.
0 Komentar untuk "Resiko Pinjam Dana Secara Online di Internet"

Back To Top