Pentingnya Kecerdasaan Finansial Sejak Usia Dini

Ayonguli.com - Indonesia jaman sekarang memasuki era industri 4.0 yang dikatakan usia milenial pada puncak populasi terbanyak di indonesia. Kita wajib bersyukur bahwa kaum milenial ini pada masa sekarang mendominasi di indonesia dalam bidang apapun bisa bisnis, perpolitikan, kebudayaan dan sebagainya, apalagi menuju pemilihan Presiden 2019 suaranya sangat diperebutkan antara dua calon.

Pentingnya Kecerdasaan Finansial Sejak Usia Dini

Pentingnya Kecerdasaan Finansial Sejak Usia Dini

Oke kita skip dulu masalah politiknya yah, ok membludaknya kaum milenial ini ada positif ada negatifnya, Positifnya kita kan mempunyai tenaga kerja yang produktif dikarenakan membludaknya angkatan kerja dari milenial sehingga untuk tenaga kerja tidak minus sehingga perusahaan dipastikan tidak susah payah dalam mencari SDM yang handal.

Negatifnya karena persaingan di indonesia ketat karena jumlah pencari kerja meningkat tajam sehingga dipastikan pasti ada kaum milenial yang menganggur sehingga diperlukan kreatifitas yang mumpuni agar bisa bertahan hidup di era sekarang yang jawabannya pastinya yaitu menjadi entrepreneur yang handal.

Pada bulan oktober kita terpana dengan banyaknya pelamar CPNS yang seperti gula yang dirubungi semut, profesi yang menjanjikan tetapi sulit masuknya seperti menari satu buah jarum ditumpukan jerami betapa sulitnya yang diperebutkan yaitu 200.000 yang melamar sekitar 4 juta orang panas dingin ya tapi apa daya karena pekerjaan PNS itu ibarat es campur yang memberikan pemuas dahaga saat berada di gurn pasir yang panasnya menyengat adem, segar dan berkelanjutan.

Pns buat kaum milenial sebagai pemuas dahaga mereka, apabila ditrima senangnya seperti sang raja menemukan harta karun yang terkubur ratusan tahun betapa riangnya kam milenial.

 Pns yang menjadi idaman banyak milenial berharap hidupnya sejahtera tapi apa daya di keidupan pergalan sehari-hari malah hidupnya banyak tekanan, gajinya tak bisa mencukupi kehidupan sehari-hari, mereka seperti layaknya ayam kehilangan induknya pusing tuh keliling mencari utangan sana sini. Saya berpikir mendalam ada apa ini?

Akhirnya lewat perenungan yang dalam saya mengetahui sebabnya. Pns yang gajinya besar dan tujangannya lumayan tetapi dalam hidupnya masih terlilit hutang karena sebagian besar cpns tidak mengetahui KECERDASAN KEUANGAN. Apa itu kecerdasan keuangan, kecerdasan keuangan adalah suatu ilmu yang bilamana memaksimalkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran.

Jadi para PNS tadi masih rendah kecerdasan keuangannya sehingga perlu ditingkatkan. Kecerdasan keuangan dianggap tabu disekolah padahal itu penting sekali diajarkan di sekolah, yang diaarkan guru saya dulu Cuma kalau kamu nak pengen kaya kamu nabung yang banyak nak biar uangmu sedikit sedikit adi bukit, ya itu logis sih tapi cara paling lama untuk menadi kaya.

Di sekolah sd saya dul malah kecerdasan seksual malah diajarkan menurut saya sekarang mungkin agak vulgar ya apalagi pelajaran biologi dulu tapiada bagusnya sih maa saya dan pikiran saya menadi lebih segar sehingga menerima pembelaaran biologi dengan antusias dan semangat !!! haha.

Ya saya melakukan eksperiman gila saat saya di kelas saya tanya murid SD tempat saya mengajar saya menanyakan apabila saya punya uang cash anda saya kasih uang saya sebesar 25 juta apa yang anda akan beli jawabannya mencengangkan saya, ada siswa nyeletuk saya belikan sepatu pak, sepatu adidas Yessy pak biar saya tampil beda dan kelihatan mewah pak, saya bergumam “gila anak sekarang kaya gini pasti kekayayaan tidak akan abadi pasti akan cepat habis kaya gini”.

 Dari hasil perenungan saya saya adi tahu kalau pendidikan keuangan harus diajarkan sejak dini agar anak2 pintar mengelola uangnya sehingga menjadi kebiasaan sampai tua nanti. Caranya setiap anak diberikan uang saya langsung menyuruh dia menyisihkan untuk investasi porsinya 30% untuk investasi, 30% untuk jajannya, 30% untuk traktir teman, misal saya berikan uang saja dia berangkat sekolah 100rb langsng saya bagi seperti diatas 35rb untuk diinvestasikan, 35 rb untuk beli makanan atau mainan harus sampai habis, 30 rb untuk traktir teman disekolah agar disukai teman2 yang lain.

Itulah salah satu pendidikan keuangan yang bisa kita ajarkan kepada anak sehingga anak kita mempunyai uang yang bisa diinvestasikan untuk jangka panjangnya kalo bisa investasi tabungan emas untuk anak kita.

Jadi kita harus memberikan pendidikan keuangan kepada anak kita agar menjadi kebiasaan sehingga semakin dia besar semakin ahli dia dalam mengelola keuangannya, pastikan setelah anak dapat uang disisihan 30% untuk investasi, 30% untuk jajannya, 30% untuk traktir teman. Itulah sajian informasi mengenai pentingnya mengajarkan kecerdasaan finansial sejak usia dini kepada anak-anak. Terimakasih.
Tag : Bisnis, Motivasi
0 Komentar untuk "Pentingnya Kecerdasaan Finansial Sejak Usia Dini"

Back To Top